Sabtu, 06 Oktober 2012

Proposal Usaha Alat Tulis Kantor

Perkembangan dunia pendidikan dan perkantoran yang semakin pesat di era sekarang ini, membuat kebutuhan terhadap alat tulis kantor semakin dicari pasar. Sehingga tidak heran bila banyak masyarakat yang jeli dengan peluang tersebut, dan menjadikan alat tulis kantor sebagai usaha yang menjanjikan untung besar.

Konsumen
Yang menjadi target pasar Anda adalah para pelajar, mahasiswa, pegawai kantoran, karyawan swasta, serta masyarakat umum yang membutuhkan alat tulis kantor untuk menunjang kegiatan mereka sehari-hari. Peluang usaha ini memiliki pangsa pasar yang cukup luas, karena barang-barang alat tulis kantor dibutuhkan masyarakat dari seluruh kalangan. Mulai dari masyarakat menengah ke bawah sampai masyarakat menengah ke atas.

INFO USAHA
Membuka toko alat tulis kantor memang menjanjikan keuntungan yang cukup menggiurkan, terlebih lagi setiap harinya muncul beragam inovasi produk alat tulis kantor dengan tampilan yang sangat menarik, sehingga jumlah permintaan pasar semakin menunjukan peningkatan yang cukup besar.
 
Nah, bagi Anda yang tertarik dengan bisnis alat tulis kantor, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ketika Anda menjalankan usaha ini.
 
Hal pertama yang perlu Anda lakukan yaitu memilih lokasi usaha yang strategis. Karena Anda menjual alat tulis kantor, maka lokasi yang paling potensial adalah di sekitar sekolah, kampus, perkantoran, di daerah pusat perbelanjaan, atau di wilayah pemukiman warga yang ramai di lalui orang.
 
Melakukan survey untuk mencari tahu produk apa saja yang banyak dibutuhkan konsumen. Misalnya saja seperti pulpen, pensil, buku tulis, kertas, penghapus, tipe-x, dll. Selanjutnya prioritaskan untuk membeli produk-produk yang paling dibutuhkan, agar barang dagangan Anda dapat terjual dengan mudah.
 
Pilihlah tempat kulakan atau grosir alat tulis kantor yang menawarkan produk berkualitas dengan harga cukup miring. Hal ini sangatlah penting, karena Anda dapat menjual kembali alat tulis tersebut dengan harga yang bersaing.
 
Siapkan segala peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha. Gunakan etalase dan beberapa rak untuk mendisplay barang dagangan Anda, dengan begitu akan memudah orang-orang melihat produk alat tulis kantor yang ditawarkan.
Jaga kepercayaan konsumen dengan menawarkan produk yang berkualitas dan memberikan pelayanan prima kepada setiap konsumen Anda.
 
Kelebihan usaha
Membuka usaha toko alat tulis tidak merepotkan Anda sebagai pelaku usaha. Kegiatan operasional yang Anda lakukan hanyalah belanja rutin (bisa harian atau mingguan) untuk memenuhi stok barang dagangan. Selanjutnya Anda tinggal menunggu dan melayani para konsumen yang datang.
Selain mudah dijalankan, peluang usaha ini juga dapat dimulai dengan modal kecil. Jadi bagi Anda yang memiliki modal minim, tidak perlu takut untuk mencoba usaha ini. Karena pada dasarnya usaha ini dapat dimulai dengan menyesuaikan modal yang Anda miliki.
 
Kekurangan usaha
Hambatan yang paling sering dihadapi para pelaku usaha yaitu persaingan usaha yang cukup padat. Tingginya kebutuhan alat tulis kantor dan mudahnya menjalankan bisnis ini membuat sebagian besar masyarakat tertarik menekuni peluang usaha ini, sehingga jumlah pedagang semakin meningkat dan persaingan pasar semakin ketat.
 
Kendala lainnya yaitu kenaikan harga bahan baku yang sering terjadi, apalagi pada momentum tertentu seperti saat kenaikan kelas atau memasuki tahun ajaran baru. Biasanya harga alat tulis menjadi lebih mahal, dibandingkan harga biasanya. Sehingga Anda harus sudah menyediakan stok barang, jauh-jauh hari sebelum momentum tersebut tiba.
 
STRATEGI PEMASARAN
Untuk mendukung pemasaran produk alat tulis kantor, strategi yang dapat Anda lakukan adalah memberikan penawaran diskon atau bonus tertentu pada saat-saat khusus. Misalnya seperti saat tahun ajaran baru atau saat kenaikan kelas, karena pada saat tersebut permintaan konsumen cendurung meningkat hingga berlipat-lipat.
 
Disamping itu Anda juga dapat menyebarluaskan informasi bisnis dengan membagikan brosur atau pamflet di sekitar lokasi usaha, sehingga keberadaan bisnis Anda diketahui masyarakat sekitar. Dan akhirnya berkembang ke banyak orang melalui pemasaran word of mouth (dari mulut ke mulut).
 
Tidak hanya itu saja, saat ini banyak pelaku bisnis alat tulis kantor yang menggunakan perkembangan internet sebagai strategi promosi yang cukup efektif. Setiap harinya muncul toko online yang menawarkan alat tulis dan kantor sebagai produk utama mereka. Cara ini banyak dipilih pengusaha karena biaya yang dibutuhkan sangatlah murah, dan dapat menjangkau semua konsumen di berbagai negara.
 
Kunci sukses
Untuk mencapai kesuksesan bisnis Anda, sebaiknya pilih lokasi usaha yang dekat dengan sekolah, kampus dan perkantoran. Karena tiga lokasi tersebut merupakan tempat yang potensial untuk mendapatkan banyak konsumen. Kunci sukses yang kedua yaitu berikan pelayanan terbaik pada setiap konsumen Anda. Tawarkan produk berkualitas dengan harga bersaing, serta berikan pelayanan prima dengan bersikap ramah kepada setiap pembeli. Dengan demikian para konsumen dengan senang hati berbelanja di tempat usaha Anda.

Analisa Usaha
Modal awal
Etalase Rp 1.000.000,00
Rak dan meja Rp 1.000.000,00
Stok awal (pulpen, pensil, buku, kertas, penghapus, dll) Rp 3.500.000,00 +
Total Rp 5.500.000,00

Peralatan etalase, rak dan meja mengalami penyusutan setelah pemakaian selama 4 tahun.
Dengan rincian : 1/48 bulan x Rp 2.000.000,00 = Rp 41.700,00 per bulan

Biaya operasional per bulan
Belanja stok bahan per bulan : @ Rp 500.000/minggu x 4 Rp 2.000.000,00
Perlengkapan toko (plastik, nota, dll) Rp 100.000,00
Biaya sewa tempat per bulan Rp 500.000,00
Biaya listrik Rp 100.000,00
Biaya transport Rp 150.000,00
Biaya promosi Rp 100.000,00
Biaya penyusutan alat Rp 41.700,00 +
Total Rp 2.991.700,00

Omset per bulan
Penjualan rata-rata per hari : Rp 150.000,00
Omset per bulan : @ Rp 150.000,00 x 30 hari Rp 4.500.000,00

Laba bersih per bulan
Rp 4.500.000,00 - Rp 2.891.700,00 = Rp 1.508.300,00

ROI
(modal awal : laba bersih per bulan) = 3,7 bulan

Semoga bermanfaat,....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar